Selasa, 24 Mei 2016

Terumbu Karang, Keindahan Bawah Laut yang Sedang Terluka.

Diposting oleh putri azizah di 22.35




Terumbu karang merupakan salah satu potensi sumber daya laut yang sangat penting di Indonesia. Indonesia merupakan pusat sebaran dari jenis karang yang ada di dunia. Terumbu karang adalah salah satu sumber pendapatan utama dan bagian hidup dari nelayan, serta nilai estetika yang tinggi dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata yang dapat meningkatkan devisa negara. Secara fisik, terumbu karang dapat melindungi pantai dari degradasi dan abrasi. Disamping itu, terumbu karang berguna untuk tempat memijah dan tempat tinggal bagi ikan-ikan. Banyaknya manfaat dan keunggulan dari terumbu karang, maka perlu adanya konservasi dan pengelolaan untuk menjaga dan memelihara ekosistem tersebut dan habitat yang ada dis ekitarnya agar berada dalam kondisi yang baik.
Pengelolaan terumbu karang secara lestari dan berkembang sangat penting, jika habitat terumbu karang tidak diusik, maka fungsinya akan optimal dan produksi hasil laut dapat dipanen secara berkesinambungan dan memberi keuntungan secara sosial dan ekonomi bagi masyarakat setempat di seluruh Indonesia untuk masa kini dan masa yang akan datang sejalan dengan pembangunan nasional.


Variasi bentuk pertumbuhan karang di Indonesia sangat kompleks dan luas, sehingga dapat dipakai sebagai tempat tumbuh bagi biota yang lain. Karang membentuk kerangka kapur yang terdiri dari CaC03 dan di dalam polyp karang terdapat zooxanthella yang merupakan symbion karang. Zooxanthelia ini berupa algae bersel satu yang membantu dalam pembentukan kerangka kapur.
Kondisi karang di Indonesia pada saat ini adalah 4% dalam kondisi kritis, 46% telah mengalami kerusakan, 33% kondisinya masih bagus dan kira-kira hanya 7 % yang kondisinya sangat bagus. Bertambahnya berbagai aktivitas manusia yarng berorientasi di daerah terumbu karang akan menambah tekanan dan sebagai dampaknya adalah turunnya kualitas terumbu karang. Jika kegiatan yang berhubungan dengan terumbu karang tidak segera dilakukan dengan baik maka persentase terumbu karang dengan kriteria kritis akan bertambah dengan cepat.
Pada saat ini pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah dan pihak swasta serta masyarakat masih sedikit sekali perhatiannya terhadap ekosistem terumbu karang dan habitat sekitar yang berasosiasi dengannya. Oleh karena itu pada saat ini dari segi pendidikan yang berwawasan lingkungan pada umumnya dan ekosistem terumbu karang pada khususnya perlu ditingkatkan. Program latihan dan pendidikan baik formal dan non formal perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan pemanfaatan masyarakat dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya terumbu karang.


Konservasi dan pengelolaan ekosistem terumbu karang perlu segera dilakukan karena pada dewasa ini tekanan semakin bertambah besar dengan meningkatnya aktivitas pembangunan di wilayah pesisir. Terumbu karang di wilayah Timur Indonesia menjanjikan kesempatan untuk pengembangan wisata bahari. Tetapi perlu diingat bahwa sukses masa sekarang dalam memanfaatkan sumber daya karang dan kelangsungan hidup komunitas daerah pesisir dan usaha komersial yang berhubungan dengan terumbu karang akan tergantung dari kelangsungan hidup terumbu karang itu sendiri. Ketegasan dari pemerintah juga diperlukan sebagai penyokong keberlangsungan terumbu karang ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lemon Tea Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos